Horeee..belanja ke pasar modern (superindo merr)

senin,8 oktober 2018 kami KB TK Khadijah Wonorejo mengadakan kunjungan  ke Superindo atau yang sering disebut sebagai pasar modern.kunjungan ini adalah proyek tema kita dari tema “PASAR”.di sini anak hanya membawa uang 10.000  saja. tujuan dari kegiatan ini adalah mengajarkan kepada anak untuk :

  1. memperkenalkan makanan sehat.anak paling anti saat harus makan makanan sehat? Nah dengan mengajaknya ke pasar, bisa menjadi salah satu solusi masalah ini loh. guru bisa memperkenalkan berbagai jenis makanan di pasar, mulai dari ikan, sayuran, daging-dagingan, buah, hingga bumbu-bumbu dapur yang belum dikenalnya.guru juga bisa menyuruh anak untuk memilih sendiri makanan apa yang ingin dimakannya nanti. Jangan lupa untuk memberitahu manfaat dari setiap sayuran, buah-buahan, dan bahan makanan sehat lainnya ya pada anak.
  2. belajar bersosialisasi.Ketika di pasar, anak akan bertemu banyak orang dari berbagai usia dan karakter. Berhadapan dengan banyak orang ini secara tidak langsung bisa mengajarkan anak untuk bersosialisasi loh.Baik itu sekedar tersenyum saat disapa, menyapa orang lain, atau sampai akhirnya berani berbicara dan membeli sesuatu. Anak yang diajarkan bersosialisasi sejak dini dapat memudahkan mereka untuk beradaptasi di lingkungan baru.
  3. tidak gugup dikeramaian. Ada anak yang panik ketika berada di keramaian bahkan sampai menangis. Hal ini tentu akan menyulitkan Mama dan Papa, apalagi jika harus mengunjungi suatu tempat umum bersama si kecil.Dengan mengajak anak rutin ke pasar, sedikit demi sedikit anak akan belajar mengendalikan diri di keramaian.
  4. membangun rasa percaya diri anak. Biarkan anak berjalan sendiri dan berjalan di depan guru. Tujuannya untuk melatih rasa percaya diri anak. Pada awalnya mungkin anak akan terus menempel pada guru atau bahkan ingin digendong. Namun jika dibiasakan dan diberi semangat, anak dengan sendirinya akan berani berjalan sendiri.Mengapa berjalan sendiri ini bisa membangun rasa percaya dirinya? Karena dengan anak berani berjalan sendiri apalagi di depan guru, tandanya anak sudah merasa nyaman dan aman dengan diri serta lingkungan tempatnya berada.

    Selain melatih rasa percaya dirinya, membiarkan anak berjalan sendiri juga bisa melatih rasa mandirinya loh. Tapi jangan sampai kita membiarkan anak berjalan sendiri tanpa pengawasan ya.

  5. belanja sederhana sesuai kebutuhan.dengan membawakan anak uang secukupnya,maka disini anak akan belajar untuk meminimalisir pengeluaran agar barang yang dibeli tidak melebihi uang yang dibawa,selain itu anak akan memahami konsep bahwasannya ada uang sekian akan cukup untuk harga sekian,sehingga anak tidak asal ambil barang ini dan itu diluar kebutuhan mereka.

anak berkumpul di depan  superindo

anak ketika naik angkutan umum

anak melihat macam-macam sayuran dan buah-buahan

anak mendengarkan informasi tentang semangka

anak mencoba buah semangka

meskipun tidak ada kursi namun karakter mereka tumbuh sesuai dengan hadist yang di terimanya bahwasannya makan sambil duduk

anak mulai berbelanja

anak memilih sayuran dan guru menginfokan harga

anak menimbang sayur dan buah yang mereka pilih

anak bertransaksi sendiri dengan kasir

anak bertransaksi dengan kasir

anak mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak superindo merr

terimkasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *