Jus sawi kok rasa alpukat tapi memang enakkkk…

Jum’at,22 Februari 2019 kami melaksanakan cooking class yaitu membuat jus sawi. Sawi adalah salah satu jenis sayuran yang kita panen hari rabu kemarin di green house sekolah.sedangkan manfaat sawi ini sendiri adalah
1. Sumber vitamin dan mineral
Sawi merupakan sayur kaya vitamin A, C, dan K yang penting menjaga fungsi tubuh. Vitamin C dan A adalah antioksidan alami yang kuat melindungi tubuh dari radikal bebas, memperkuat imunitas dan menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin K sendiri berfungsi menjaga kepadatan tulang dan bahkan mampu mencegah kerusakan syaraf otak.

2. Kaya antioksidan
Sawi merupakan sumber fitonutrien atau tanaman yang dihasilkan nutrisi serta antioksidan. Selain vitamin C dan A, juga memiliki asam hydroxycinnamic, isothamnetin, quercetin, dan kaempferol yang merupakan fitonutrien antioksidan kunci yang dibawa sawi.

3. Membantu detoks tubuh
Sawi yang kaya serat akan sekaligus menjadi agen detoks yang sangat baik di dalam usus. Selain itu, sawi juga mengandung sulfur dan antioksidan sehingga sangat baik dalam detoksifikasi tubuh. Karena sawi kaya akan klorofil, ini juga sangat baik dalam menyerap karbon dioksida yang akan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.

4. Mencegah kanker
Sawi juga merupakan sayur anti-karsinogenik yang mengandung glucosinolate, yang kemudian dikonversi ke isothiocyanate yang memiliki sifat pencegahan kanker. Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin dan mineral sawi juga sangat tinggi sehingga sangat baik menurunkan risiko terserang kanker.

5. Bersifat anti-inflamasi
Sawi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan kronis serta mengurangi risiko penyakit arthritis dan bengkak-bengkak lainnya. Ini karena sawi memiliki kandungan vitamin K dan asam lemak omega-3 yang memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu juga mengandung isothiocyanate yang berfungsi mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke.

Jus sawi yang kita buat ini disini rasanya sangat enak karna juga menggunakan campuran bahan lain.

Bahan yang disediakan yaitu:

1. Sawi hidroponik

2.Tape manis

3.Susu

4.Gula

Alat dan bahan

Guru mendemonstrasikan cara membuat jus sawi

Guru memulai menekan tombol blender

Anak memulai dengan melepas tangkai sawi dan memberi tambahan tape,gula dan susu

Anak melepas tangkai sawi

Anak mrnuangkan susu

Anak mengaduknya

Anak mencoba memasukkan bahan yang sudah mereka siapkan kedalam blender­

Anak memasukkan sendiri

Jus siap di minum

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *