Mamaku Idolaku,Mamaku Chefku


Kamis, 4 April 2019 kami KB-TK Khadijah Wonorejo melaksanakan proyek tema “sedapnya masakan chef”kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas masing masing kelompok.kegiatan proyek tema ini di isi dengan cooking class yang akan mendatangkan guru tamu atau chef.disini kita mengambil guru tamu tersebut adalah walimurid dari masing masing kelompok..1 kelompok di wakili oleh 1 koordinasi kelas.Pada kegiatan ini anak akan memasak atau membuat sendiri masakan yang telah di sampaikan oleh guru tamu.anak di dalam kelas sudah dengan membawa alat yang dibutuhkan untuk memasak.pada kegiatan cooking class ini guru tamu akan memasak salad buah yang memang sudah ditentukkan ketika breafing bersama guru sebelumnya.anak membawa peralatan dari rumah seperti pisau plastik,piring,mangkuk,sendok dan talenan.tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak anak mengetahui proses sebelum menikmatinya. Selain itu juga :
1. meningkatkan kemampuan berhitung atau matematika.Memasak adalah cara terampuh untuk belajar matematika. Saat memasak tanpa terasa ia harus mengukur takaran makanan dari resep yang ada, misalnya memotong buah menjadi sama besar ukurannya baik takaran susu,keju, dan lain-lain.
2. Membangun pemahaman. Meskipun anakbelum bisa membaca, dengan memasak ia dapat membangun pemahaman tentang konsep step by step. Mulai dari langkah pertama misalnya mengupas bahan makanan, lalu memotong, memberi bumbu hingga diolah atau diproses sampai disajikan
3. Belajar sains. Memasak adalah bagian dari percobaan sains. Terlalu banyak susu,gula dan keju dapat menyebabkan proses membuat salad menjadi gagal. Hal ini sama saja dengan belajar sains.
4. Percaya diri. Dapat menghasilkan suatu karya termasuk masakan dapat meningkatkan percaya diri anak. Agar lebih maksimal, beri label pada hasil masakannya dengan menggunakan nama anak misalnya Gibran’s salad atau Naila’s cookie.
5. Keahlian berkomunikasi.kelas memasak dapat membuat anak lebih relaks untuk berbicara tentang apapun. Nah, jika ia ikut serta dalam kelas memasak, ia bisa bersosialisasi dengan teman sebaya.
6. Life skill. Memasak sama dengan belajar menyetir atau belajar membaca. Saat dewasa nanti, anak akan bertanggung jawab melakukan hal-hal tersebut. Dengan belajar masak sejak dini, anak akan terlatih berbagi makan kepada orang lain yakni keluarganya kelak.
Pada kegiatan ini wali murid atau guru tamu yang akan full mengonfirmasikan cara memasak kepada anak anak dan bu guru hanya mendampingi saja.

Anak mengambil bahan salad yaitu buah buahan secara bergiliran

Anak memotong buah sendiri sambil membilang

Anak memotong buah

Anak memotong buah untuk mengasah kemampuan motorik halusnya dan kognitif

Anak memberi toping dengan susu, mayonaise dan keju

Anak membereskan peralatannya masing masing dan menyimpannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *