Pemeriksaan Kesehatan “Imunisasi Ori Difteri” di KB TK KHADIJAH WONOREJO

Jumat, 23 februari 2018 kami KB TK KHADIJAH WONOREJO mengadakan Imunisasi Ori Difteri yang bertujuan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit difteri di masa yang akan datang.

Bakteri difteri yang bernama Corynebacterium diphtheriae ketika menginfeksi tubuh manusia akan memproduksi racun berupa protein yang bernama exotoxin. Racun inilah yang menyebabkan penyakit difteri menjadi sangat berbahaya.

Vaksin difteri dibuat dari exotoxin yang sudah dinonaktifkan dengan serangkaian metode khusus sehingga ia tidak lagi menyebabkan penyakit.

Exotoxin yang sudah tidak berbahaya lagi ini dinamakan dengan toxoid. Zat inilah yang kemudian dibuat sebagai formula vaksin kemudian disuntikkan ke dalam tubuh manusia.

Ketika vaksin difteri yang mengandung toxoid ini disuntik ke dalam tubuh, maka tubuh akan meresponsnya sebagai serangan yang harus dilawan.

Kemudian secara alami sistem kekebalan tubuh akan mengirimkan sel-sel imun untuk melawan toxoid tersebut.

Ketika sudah berhasil menang maka sistem imun akan “mengingat” nya. Dengan kata lain jika di kemudian hari terjadi serangan penyakit difteri yang sebenarnya, maka sistem imun kita sudah siap dan sudah tau cara melawannya.

Sehingga orang yang sudah diimunisasi menjadi kebal terhadap penyakit difteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *