MELEKAT (Mengenal lebih dekat) dengan KB -TK KHADIJAH WONOREJO SURABAYA

MELEKAT (Mengenal lebih dekat) dengan KB -TK KHADIJAH WONOREJO SURABAYA

Senin, 15 juli 2019 KB-TK KHADIJAH WONOREJO mulai memasuki ajaran baru 2019-2020 Ketika memasuki ajaran baru ini anak rata rata di antar oleh orang tua.tujuannya adalah supaya agar terdapat interaksi antara anak, More »

Indahnya Berbagi di Bulan Ramadhan

Indahnya Berbagi di Bulan Ramadhan

Dibulan ramadhan ini kami KB TK Khafijah Wonorejo mengadakan berbagi zakat, infaq dan takjil kepada warga sekitar sekolahan.acara di mulai pukul 15.00 yg di isi dengan kegiatan doa dan apersepsi kegiatan setelah More »

Mamaku Idolaku,Mamaku Chefku

Mamaku Idolaku,Mamaku Chefku

Kamis, 4 April 2019 kami KB-TK Khadijah Wonorejo melaksanakan proyek tema “sedapnya masakan chef”kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas masing masing kelompok.kegiatan proyek tema ini di isi dengan cooking class yang akan More »

Gebyar Prestasi Al-Quran KB-TK Khadijah Wonorejo di YTPS NU Khadijah Surabaya

Gebyar Prestasi Al-Quran KB-TK Khadijah Wonorejo di YTPS NU Khadijah Surabaya

sabtu,23 maret 2019.Alhamdulillah ini adalah tahun kedua KB-TK Khadijah Wonorejo mengikuti dan meluluskan anak didik dalam ujian Tahfidz Al Quran..acara gebyar prestasi ini di lalui dengan proses yang sedikit membuat anak berdebar More »

KB TK KHADIJAH WONOREJO GELAR MANASIK HAJI

KB TK KHADIJAH WONOREJO GELAR MANASIK HAJI

KB/TK Khadijah Surabaya melaksanakan kegiatan outdoor learning Manasik Haji di Asrama Haji Surabaya, Senin (11/3/2019) sebagai kegiatan rutin tahunan yang diikuti oleh seluruh anak didik, guru, dan pengurus komite KB-TK Khadijah. Kepala KB/TK Khadijah, Samihah More »

 

Sentra Balok

Sentra balok merupakan salah satu sentra yang disediakan bagi pendidikan anak usia dini. melalui sentra balok anak -anak dapat belajar banyak hal. Mengenal bentuk, ukuran, konsep ruang, klasifikasi, team work, mengembangkan imajinasi, menghargai pendapat orang lain, bermain micro drama

Dalam bermain balok terdapat beberapa tahapan

Tahap 1 Tanpa Bangunan

Anak meneliti ciri-ciri fisik dari balok dengan membuat suara-suara, memindahkan, menggerakkan, melakukan percobaan, dan memanipulasi balok dengan badannya sendiri, main mengisi dan mengosongkan.

Tahap 2 Susunan Garis Lurus ke Atas
Anak menumpuk atau menyusun balok-balok.

Tahap 3 Susunan Garis Lurus ke Samping
Anak menempatkan balok-balok bersisian atau dari ujung ke ujung dalam satu garis.

Tahap 4 Susunan Daerah Lurus ke Atas
Anak membangun dengan cara menggabungkan tumpukan-tumpukan balok dan/atau menumpuk garis demi garis (sisi demi sisi menumpuk).

Tahap 5 Susunan Daerah Mendatar
Anak mengkombinasikan barisan-barisan dari balok dalam daerah mendatar

Tahap 6 Ruang Tertutup ke Atas
Anak menempatkan dua balok sejajar yang berjarak dan menghubungkan diantara dua balok dengan satu balok di atasnya, membentuk lengkungan atau jembatan.

Tahap 7 Ruang Tertutup Mendatar
Anak membuat bentuk seperti kotak terbuka dari empat atau lebih balok-balok.

Tahap 8 Menggunakan Balok Untuk Membangun Bangunan Tiga Dimensi yang Padat
Anak membuat daerah mendatar dari balok dan menumpuk satu atau lebih lapisan dari balok; menyusun bangunan tiga dimensi yang penuh tidak berongga.

Tahap 9 Ruang Tertutup Tiga Dimensi
Anak membuat atap pada bangunan seperti kotak yang terbuka; menjadi ruang tertutup tiga dimensi.

Tahap 10 Menggabungkan/Mengkombinasikan Beberapa Bentuk Bangunan
Anak menggunakan bermacam-macam kombinasi dari bangunan-bangunan garis lurus, dua dimensi (daerah), dan tiga dimensi (ruang). BELUM DIBERI NAMA!
Permainan Representasi

Tahap 11 Mulai Memberi Nama
Anak membangun satu bangunan dan memberi nama pada balok satu-satu sebagai “benda” walaupun bangunan atau bentuk balok itu tidak seperti “benda” itu, tetapi tetap mewakili pikiran anak.

Tahap 12 Satu Bangunan, Satu Nama
Anak memberi nama pada seluruh bangunan balok sebagai satu “benda;” satu bangunan merepresentasikan satu benda. Beberapa tahapan sebelumnya harus ada, jangan disilaukan oleh nama atau cerita.

Tahap 13 “Bentuk-bentuk” Balok diberi Nama
Anak memberi nama “bentuk-bentuk ” balok dala satu bangunan mewakili “benda-benda”. Lebih dari satu balok digunakan untuk membentuk obyek (contoh: kursi).

Tahap 14 Memberi Nama Obyek-obyek yang Terpisah
Anak membangun bangunan termasuk obyek-obyek yang terpisah; memberi nama pada masing-masing obyek tersebut.

Tahap 15 Merepresentasikan Ruang Dalam
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam; ruang dalam belum sempurna.

Tahap 16 Obyek-obyek di dalam Ditempatkan di Luar
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam dan ruang luar; obyek di dalam ditempatkan di luar.

Tahap 17 Representasi Ruang Dalam & Ruang Luar secara Tepat
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam dan ruang luar. Obyek-obyek di dalam dan di luar dipisahkan secara tepat.

Tahap 18 Bangunan Dibangun Sesuai Skala
Anak membangun bangunan dengan “bentuk-bentuk” balok terpisah; beberapa pengertian tentang skala mulai terlihat dalam bangunan.

Tahap 19 Bangunan Yang Terdiri Dari Banyak Bagian
Anak membangun secara rumit; teridir dari ruang dalam, petunjuk, jalan, dan pengertian skala.

 Selain itu, permainan balok memiliki banyak manfaat. Apa sajakah?

* Belajar mengenai konsep
Dalam bermain susun balok, akan ditemukan beragam konsep, seperti warna, bentuk, ukuran, dan keseimbangan. Orangtua bisa mengenalkan konsep-konsep tersebut saat anak bermain susun balok.

* Belajar mengembangkan imajinasi
Bermain balok bermanfaat untuk mengembangkan imajinasi. Karena, membangun sesuatu tentunya diperlukan kemampuan anak dalam berimajinasi. Imajinasi yang dituangkan dalam karya mengasah kreativitas anak dalam mencipta beragam bentuk.

* Melatih kesabaran
Dalam menyusun balok satu demi satu agar terbentuk bangunan seperti dalam imajinasinya, tentu anak memerlukan kesabaran. Berarti ia melatih dirinya sendiri untuk melakukan proses dari awal sampai akhir demi mencapai sesuatu. Ia berlatih untuk menyelesaikan pekerjaannya.

* Secara sosial anak belajar berbagi
Ketika bermain susun balok bersama teman, anak terlatih untuk berbagi. Misalnya, jika si teman kekurangan balok tertentu, anak diminta untuk mau membagi balok yang dibutuhkan. Perlahan tapi pasti, anak juga belajar untuk tidak saling berebut saat bermain. Manfaat bermain balok ini tentu juga cukup penting.

* Mengembangkan rasa percaya diri anak
Ketika anak bermain susun balok dan bisa membuat bangunan, tentu anak akan merasa puas dan gembira. Pencapaian ini akan menumbuhkan rasa percaya diri akan kemampuannya.

membangun klinik mata

kegiatan membangun klinik mata

membangun klinik mata