GERBANG TEMA “PISANG”

GERBANG TEMA “PISANG”

Senin, 12 november 2018 kami KB TK Khadijah Wonorejo melaksanakan gerbang tema baru yaitu tema “pisang”. pada kegiatan ini kita melakukan jalan-jalan di sekitar lingkungan sekolahan yaitu dimana yang mayoritas penduduknya mempunyai More »

Refleksi “Taman Flora” (Membuat Taman)

Refleksi “Taman Flora” (Membuat Taman)

Pada tanggal 7 november 2018 kami KB TK KHADIJAH WONOREJO melaksanakan kegiatan refleksi Tema “Taman Flora” yaitu dengan membuat taman  lingkungan sekolahan. Dengan memulainya menanam tanaman, menyiram dan memberikannya pupuk. Bagi anak More »

PROYEK TEMA”BERKUNJUNG KE TAMAN SAKURA (KEPUTIH SURABAYA)”

PROYEK TEMA”BERKUNJUNG KE TAMAN SAKURA (KEPUTIH SURABAYA)”

Senin, 29 oktober 2018,kami KB-TK Khadijah Wonorejo mengadakan kunjungan ke Taman Sakura yang terletak di daerah keputih surabaya.kunjungan ini merupakan proyek tema dari tema “Taman Flora”. tujuan dari kegiatan ini adalah untuk More »

GERBANG TEMA “TAMAN FLORA”

GERBANG TEMA “TAMAN FLORA”

Pengenalan tema baru”Taman Flora” anak mempresentasikan jenis tanaman yang dibawa di depan teman2 nya,dengan demikian rasa percaya diri pada anak akan terbangun sejak dini. selain itu anak juga jalan-jalan mengelilingi taman di More »

Horeee..belanja ke pasar modern (superindo merr)

Horeee..belanja ke pasar modern (superindo merr)

senin,8 oktober 2018 kami KB TK Khadijah Wonorejo mengadakan kunjungan  ke Superindo atau yang sering disebut sebagai pasar modern.kunjungan ini adalah proyek tema kita dari tema “PASAR”.di sini anak hanya membawa uang More »

 

Sentra Balok

Sentra balok merupakan salah satu sentra yang disediakan bagi pendidikan anak usia dini. melalui sentra balok anak -anak dapat belajar banyak hal. Mengenal bentuk, ukuran, konsep ruang, klasifikasi, team work, mengembangkan imajinasi, menghargai pendapat orang lain, bermain micro drama

Dalam bermain balok terdapat beberapa tahapan

Tahap 1 Tanpa Bangunan

Anak meneliti ciri-ciri fisik dari balok dengan membuat suara-suara, memindahkan, menggerakkan, melakukan percobaan, dan memanipulasi balok dengan badannya sendiri, main mengisi dan mengosongkan.

Tahap 2 Susunan Garis Lurus ke Atas
Anak menumpuk atau menyusun balok-balok.

Tahap 3 Susunan Garis Lurus ke Samping
Anak menempatkan balok-balok bersisian atau dari ujung ke ujung dalam satu garis.

Tahap 4 Susunan Daerah Lurus ke Atas
Anak membangun dengan cara menggabungkan tumpukan-tumpukan balok dan/atau menumpuk garis demi garis (sisi demi sisi menumpuk).

Tahap 5 Susunan Daerah Mendatar
Anak mengkombinasikan barisan-barisan dari balok dalam daerah mendatar

Tahap 6 Ruang Tertutup ke Atas
Anak menempatkan dua balok sejajar yang berjarak dan menghubungkan diantara dua balok dengan satu balok di atasnya, membentuk lengkungan atau jembatan.

Tahap 7 Ruang Tertutup Mendatar
Anak membuat bentuk seperti kotak terbuka dari empat atau lebih balok-balok.

Tahap 8 Menggunakan Balok Untuk Membangun Bangunan Tiga Dimensi yang Padat
Anak membuat daerah mendatar dari balok dan menumpuk satu atau lebih lapisan dari balok; menyusun bangunan tiga dimensi yang penuh tidak berongga.

Tahap 9 Ruang Tertutup Tiga Dimensi
Anak membuat atap pada bangunan seperti kotak yang terbuka; menjadi ruang tertutup tiga dimensi.

Tahap 10 Menggabungkan/Mengkombinasikan Beberapa Bentuk Bangunan
Anak menggunakan bermacam-macam kombinasi dari bangunan-bangunan garis lurus, dua dimensi (daerah), dan tiga dimensi (ruang). BELUM DIBERI NAMA!
Permainan Representasi

Tahap 11 Mulai Memberi Nama
Anak membangun satu bangunan dan memberi nama pada balok satu-satu sebagai “benda” walaupun bangunan atau bentuk balok itu tidak seperti “benda” itu, tetapi tetap mewakili pikiran anak.

Tahap 12 Satu Bangunan, Satu Nama
Anak memberi nama pada seluruh bangunan balok sebagai satu “benda;” satu bangunan merepresentasikan satu benda. Beberapa tahapan sebelumnya harus ada, jangan disilaukan oleh nama atau cerita.

Tahap 13 “Bentuk-bentuk” Balok diberi Nama
Anak memberi nama “bentuk-bentuk ” balok dala satu bangunan mewakili “benda-benda”. Lebih dari satu balok digunakan untuk membentuk obyek (contoh: kursi).

Tahap 14 Memberi Nama Obyek-obyek yang Terpisah
Anak membangun bangunan termasuk obyek-obyek yang terpisah; memberi nama pada masing-masing obyek tersebut.

Tahap 15 Merepresentasikan Ruang Dalam
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam; ruang dalam belum sempurna.

Tahap 16 Obyek-obyek di dalam Ditempatkan di Luar
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam dan ruang luar; obyek di dalam ditempatkan di luar.

Tahap 17 Representasi Ruang Dalam & Ruang Luar secara Tepat
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam dan ruang luar. Obyek-obyek di dalam dan di luar dipisahkan secara tepat.

Tahap 18 Bangunan Dibangun Sesuai Skala
Anak membangun bangunan dengan “bentuk-bentuk” balok terpisah; beberapa pengertian tentang skala mulai terlihat dalam bangunan.

Tahap 19 Bangunan Yang Terdiri Dari Banyak Bagian
Anak membangun secara rumit; teridir dari ruang dalam, petunjuk, jalan, dan pengertian skala.

 Selain itu, permainan balok memiliki banyak manfaat. Apa sajakah?

* Belajar mengenai konsep
Dalam bermain susun balok, akan ditemukan beragam konsep, seperti warna, bentuk, ukuran, dan keseimbangan. Orangtua bisa mengenalkan konsep-konsep tersebut saat anak bermain susun balok.

* Belajar mengembangkan imajinasi
Bermain balok bermanfaat untuk mengembangkan imajinasi. Karena, membangun sesuatu tentunya diperlukan kemampuan anak dalam berimajinasi. Imajinasi yang dituangkan dalam karya mengasah kreativitas anak dalam mencipta beragam bentuk.

* Melatih kesabaran
Dalam menyusun balok satu demi satu agar terbentuk bangunan seperti dalam imajinasinya, tentu anak memerlukan kesabaran. Berarti ia melatih dirinya sendiri untuk melakukan proses dari awal sampai akhir demi mencapai sesuatu. Ia berlatih untuk menyelesaikan pekerjaannya.

* Secara sosial anak belajar berbagi
Ketika bermain susun balok bersama teman, anak terlatih untuk berbagi. Misalnya, jika si teman kekurangan balok tertentu, anak diminta untuk mau membagi balok yang dibutuhkan. Perlahan tapi pasti, anak juga belajar untuk tidak saling berebut saat bermain. Manfaat bermain balok ini tentu juga cukup penting.

* Mengembangkan rasa percaya diri anak
Ketika anak bermain susun balok dan bisa membuat bangunan, tentu anak akan merasa puas dan gembira. Pencapaian ini akan menumbuhkan rasa percaya diri akan kemampuannya.

membangun klinik mata

kegiatan membangun klinik mata

membangun klinik mata