KB TK KHADIJAH WONOREJO GELAR MANASIK HAJI

KB TK KHADIJAH WONOREJO GELAR MANASIK HAJI

KB/TK Khadijah Surabaya melaksanakan kegiatan outdoor learning Manasik Haji di Asrama Haji Surabaya, Senin (11/3/2019) sebagai kegiatan rutin tahunan yang diikuti oleh seluruh anak didik, guru, dan pengurus komite KB-TK Khadijah. Kepala KB/TK Khadijah, Samihah More »

Proyek Tema “Wush Layang-layangku terbang”

Proyek Tema “Wush Layang-layangku terbang”

Senin 4 maret 2019 kami melaksanakan proyek tema “wush layang-layangku terbang”kegiatan ini di isi dengan kegiatan anak-anak menerbangkan layang-layangnya di lingkungan sekolah KB-TK Khadijah Wonorejo Surabaya.kegiatan ini  di ikuti oleh anak dan More »

Jus sawi kok rasa alpukat tapi memang enakkkk…

Jus sawi kok rasa alpukat tapi memang enakkkk…

Jum’at,22 Februari 2019 kami melaksanakan cooking class yaitu membuat jus sawi. Sawi adalah salah satu jenis sayuran yang kita panen hari rabu kemarin di green house sekolah.sedangkan manfaat sawi ini sendiri adalah More »

Alhamdulillah…menanam dan memanen sayur hidroponik untuk jus..

Alhamdulillah…menanam dan memanen sayur hidroponik untuk jus..

Rabu,20 Februari 2019 kami KB-TK Khadijah melaksanakan panen di Green House Khadijah Wonorejo samping sekolah.panen ini dilakukan oleh semua murid KB-TK Khadijah,namun sebelum memanen mereka juga melakukan penanaman juga pada media yang More »

 

Sentra Persiapan

Sentra persiapan adalah pusat kegiatan bermain untuk mempersiapkan anak mengenal tulisan, huruf dan menghitung. Kegiatan ini guna membantu anak mempersiapkan diri memasuki sekolah dasar.

Persiapan Kemampuan Membaca (VISUAL, AUDITORY & KOORDINASI GERAKAN OTOT BICARA. Membaca adalah aktifitas belajar yang dominan memerlukan indera visual dan juga melibatkan fungsi penginderaan lain di otak.

  Persiapan Kemampuan yang diperlukan untuk membaca:

  • Mengenal bentuk
  • Mengenal perbedaan bunyi huruf
  • Mengenal rangkaian (pola)
  • Mengenal perbedaan intonasi

Persiapan Kemampuan yang diperlukan untuk Menulis:

  • Visual Attention/recognition: perhatian visual mengenai bentuk huruf-huruf dan mengenalnya kembali
  • Motorik: gerakan motorik halus (fine motor)
  • Visual sensomotorik: gerakan tangan yang dikoordinasikan oleh mata dan rasaan propioseptic
  • Visual Spasial: kemampuan menempatkan posisi tubuh dalam ruang atau posisi alat gerak terhadap tubuh
  • Visual auditorik memori: mengenal kembali apa yang pernah ditulis dan di dengar.

Kemampuan yang diperlukan untuk membaca, menulis dan koordinasi gerak:

  • Mengenal bentuk
  • Mengenal perbedaan bunyi huruf
  • Mengenal rangkaian (pola)
  • Kekuatan jari-jari tangan
  • Kelenturan gerakan  pergelangan tangan
  • Mencetak playdough, tanah liat, pasir basah dengan cetakan huruf
  • Kegiatan menggunting: kertas bekas dengan berbagai ketebalan, daun, atau bahan lainnya
  • Gambar tahap menggunting
  • Gambar tahap menggambar/melukis
  • Gambar tahap meronce
  • Gambar tahap menulis

Tujuan pembelajaran di sentra persiapan antara lain: (1) Menumbuhkan kecintaan anak terhadap segala ilmu; (2) mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak; (3) menumbuhkan minat membaca, menulis dan berhitung; (4) memberikan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya sebagai sarana belajar; (5) mengenalkan kepada anak tentang peraturan dan saling menghargai teman ketika bekerjasama untuk persiapan pendidikan selanjutnya.

Pembelajaran di sentra persiapan disiapkan dengan fasilitas berupa alat permainan edukatif yang memperluas pengalaman keaksaraan (membaca, menulis dan berhitung). Melalui kegiatan bermain yang berkualitas serta menyenangkan menjadikan belajar lebih bermakna. Lancarnya membaca, menulis dan berhitung membuat informasi yang dimiliki anak bertambah sejak dini. Melalui alat dan kegiatan edukatif serta perkembangannya akan menciptakan suatu integrasi antara membaca, menulis dan berhitung yang teraplikasi dalam akhlakul karimah.

Sentra ini  menyediakan permainan yang mengajak anak kepada kerja yang lebih serius dari sekedar bermain. Seperti halnya disediakan huruf-huruf, buku-buku cerita, alat tulis, angka-angka, pohon hitung, dan bahan-bahan lain yang merangsang anak mencoba konsep aksara dan matematika hingga kemampuan membuat buku. Pembelajaran ini dimulai dari sesuatu yang sangat sederhana agar anak paham secara alamiah.

Kegiatan Bermain di Sentra Persiapan

Kegiatan bermain di sentra persiapan sangat beragam. Berikut contoh beberapa kegiatan bermain sentra persiapan yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa permulaan dan matematika permulaan.

1) Bermain Kartu Angka dan Huruf

Bahan main yang disiapkan adalah bahan yang mendukung main sensorimotor atau pembangunan. Penataan tempat diatur sedemikian rupa sehingga ada kegiatan yang bermain sendiri (solitary), main berdampingan (paralel), main bersama (assosiatif) dan main kerjasama (kooperatif). Sumber: Anonim: 2006).

 Alat yang disediakan antara lain penjepit baju, kartu angka, berbagai macam huruf, potongan kata dan papan alas. Tujuan permainan tersebut adalah untuk mengenalkan konsep bilangan dan lambang bilangan, menganalkan huruf dan bentuknya, memotivasi anak menambah kosakata, melatih motorik halus saat memegang penjepit.

   2) Bermain Meraba Huruf dan Angka

Bahan main yang disiapkan adalah bahan yang mendukung main sensorimotor atau pembangunan. Penataan tempat diatur sedemikian rupa sehingga ada kegiatan yang bermain sendiri (solitary), main berdampingan (paralel), main bersama (assosiatif).

Alat yang disiapkan adalah huruf dan angka yang terbuat dari amplas. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menganalkan bentuk angka dan huruf serta mengenal tekstur.

    3) Bermain Membuat Pola

Bahan main yang disiapkan adalah bahan yang mendukung main sensorimotor atau pembangunan. Penataan tempat diatur sedemikian rupa sehingga ada kegiatan yang bermain sendiri (solitary), main berdampingan (paralel), main bersama (assosiatif).

Alat yang disiapkan adalah pola yang sudah dibuat dan media yang mendukung (tutup botol, biji-bijian, ranting, dan sebagainya). Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk melatih kecermatan meniru pola dan membaca gambar, melatih koordinasi mata dan tangan, memahami bentuk-bentuk pola

4) Bermain dengan Komputer

Saat ini yang perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Tujuan dari pengenalan komputer dalam pembelajaran adalah untuk menumbuhkembangkan kreatifitasdan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Bahan main yang disiapkan adalah bahan yang mendukung main sensorimotor atau pembangunan. Penataan tempat diatur sedemikian rupa sehingga ada kegiatan yang bermain sendiri(solitary) dan berdampingan (paralel).

Alat yang disiapkan adalah komputer yang sudah ada menu bermain huruf dan angka, bermain mengklasifikasi dan mengurutkan. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengenalkan bentuk angka dan huruf, mengenalkan konsep mengklasifikasi dan mengurutkan Kegiatan bermain komputer yang dapat dilakukan di sentra persiapan antara lain: (1) program permainan puzzle kombinasi warna berbagai benda (buah, binatang), warna, bentuk, dsb; (2) mengenal huruf melalui beberapa permainan kata atau cerita bergambar; (3) berhitung dengan berbagai kegiatan permainan yang didukung perangkat multimedia.

PUZLE GEOMETRI

HAMA

BOMBIX

HAMA

MENULIS

PASAK GEOMETRI

STEMPEL ANGKA

BOMBIX